Selasa, 25 Oktober 2011

Modifikasi Dari Timur


blade-ahm-copy-copyHONDA BLADE BY AHM JAKARTA
Beberapa waktu lalu saat Oto2 nampilin Honda Blade bikinan Lent dari Probolinggo, sempat salah seorang sohib dari media di Jakarta calling n ngobrol banyak. ngobrol modifikasi motor baru keluaran Honda ini n ujung-ujungnya ternyata paling banyak dimodifikasi di jawa timur. di ibu kota Jakarta sendiri (selain AHM) belum ada yang berani ngemodif (atau masih sembunyi ditumpukan jerami x…..) so ini ada beberapa referensi modifikasi yang bisa jadi inspirasi buat pecinta modifikasi Blade’r, simak…
N buat yang ngerasa Bladenya pengin dijejerin disini boleh kirim fotonya ke otocustom@gmail.com.
blade-suken-copyHonda Blade modifikasi by Suken Modified Sidoarjo
balde-aries-putra-motorHonda Blade modifikasi by Aries Putra Motor Tulungagung
honda-blade-ahm jakartaHonda Blade modifikasi by AHM Jakarta

Modifikasi Honda Tiger Revo


tiger-revo-supermoto
SUPERMOTO STYLE
Bukan hal yang sulit membuat Honda Tiger tampil gagah. Dengan basisnya yang sudah sporty, mengubah tampangnya jadi penggaruk aspal sangat mudah. So nggak perlu mengubah cover bodi dan lampu cukup tinggal tambahkan bagian pendukungnya. Seperti sepatbor depan yang dipasang bareng lampu dobel beamnya. Ubahan paling banyak pastilah pada kaki-kakinya dengan part limbah moge agar terlihat jangkung.
KAKI LIMBAH MOGE Rp 9-15 juta
SPATBOR TRAIL Rp 1,5 juta
HANDGUARD Rp 500 ribu
OIL COOLER Rp 2 juta
ONGKOS PASANG Rp 4 juta
tiger-revo-celub-abis1
CEPER STYLE
Wajah Honda Tiger Revo bisa juga dibikin gaul gaya anak ceper. Dengan asesoris yang ada dipasar variasi, gaya Tiger Revo bisa cakep juga. Cocok buat yang suka ubahan minimalis. Tanpa ubah banyak di cover bodi, hanya jok saja yang ditipisin. Selebihnya kaki-kaki diganti produk variasi.
PELEK SPRINT RP 700 ribu
BAN SLICK SWALLOW Rp 400 ribu
SOK UPSIDE DOWN Rp 3,9juta
DOBEL CAKRAM Rp 400 ribu
MONOSOK Rp 450 ribu
SWINGARM POSH Rp 500 ribu
KALIPER BREMBO Rp 450/3 buah
KROM Rp 1,5 juta
ONGKOS PASANG Rp 600-1 juta

HONDA BEAT DRAG RACING


Ini dia maskot Oto2Custom yang tahun kemarin sampai ke final battle kontes HOCS di Surabaya. Meskipun nggak dapat the King, tim Oto2 chapter II masih bisa bangga cus dapet beberapa penghargaan termasuk the best inovasion karena mengusung konsep cakram depan BIB.

Konsep modifnya sih kena gaya modif Gajah Putih yang suka dengan tampilan drag race. Dinamis ‘n menarik cuz full corak warna yang menyolok. Apalagi pengereman depannya ini dibikin ala BIB atau Beringer Brake system, yaitu cakram di dalam tromol. Kalau di luar negri dipakai di moge, di dalam negri dipakai ke Honda Beat hasil hand made. Bikinnya juga presisi dengan menganbil bahan yang terbatas di pasaran variasi, namun hasil akhirnya nggak kalah beda lho!. “Buat bikin gini sampai 2 mingguan, karena banyak mengubah konstruksi dudukan cakram dan kaliper, tapi untung sekarang banyak order buat bikinkan cakram model BIB ini.”

Sisi belakang dipakai tromol berdiameter mini bekas tromol depan yang pemasangannya mesti menambahi bos lubang gigi suri bekas jebolan tromol Beat orisinil. Penanaman bos gigi suri ke dalam lubang tromol ini dilakoni dengan bantuan mesin bubut agar didapat kepresisian serta kekuatan sempurna.
Setelah rampung maskot Oto2Custom ini kini siap dilego, buat yang pengin memilikinya, cepet dah dikontak ke email oto2custom@gmail.com atau ke FB oto2custom.
Sumber: ototrend, foto: oto2custom
SPEK MODIF
FORK : SRK, DISC DPN : Ride It, MASTER-KALIPER : Brembo, TROMOL DPN : CNC, SOK BLK : YSS, VELG : Osaki, BAN : Swallow Drag Blaster, CDI : BRT, KNALPOT : SND, STABILISER : Marathon, BRUSHER & MODIFIKATOR : Oto 2 Custom Chapter II Jl.Arwana (depan garasi Akas) Jember.

Modifikasi Vario SBS


VARIO GP
RACING STYLE
Dengan warna dasar putih, kombinasi apik dengan kaki-kaki lebar dan kokoh khas gaya racing performance. Cover bodi Vario CBS Techno sudah cukup cantik tanpa ubahan, cus modelnya yang sporty dan bersudut tajam mendukung banget dibikin style ini. Dongkrak saja bagian bawah ini dengan velg lebar dan ban gambot. Joknya lantas dibuat berundak ala GP style, pasti cukup keren diajak ngider harian.
ESTIMASI BIAYA
VELG : Rp 2 juta
BAN : Rp 1 juta
DISC CAKRAM PSM : Rp 500 ribu
OIL COOLER : Rp 300 ribu
MONOSOK : Rp 200 ribu
KNALPOT CUSTOM : Rp 500 ribu
SEPATBOR CUSTOM : Rp 1 juta
JOK : Rp 700 ribu
ONGKOS MODIF : Rp 2 juta
vario cbs techno low rider
LOW RIDER
Style celub bak chooper paling ngetrend dipasang ke Vario CBS Techno. Velg custom ngambil punya mobil dengan ban Deli Tire or Bridgestone ukuran gajah sip diaplikasi. Nggak lupa plat molorin CVTnya kudu wajib dipasang. Style chooper makin sip dengan mengganti stang dan pipa knalpotnya, urusan tampangnya Vario CBS Techno udah keren buanget, cuy!
ESTIMASI BIAYA :
PELEK CUSTOM : Rp 5 juta
BAN DELITIRE : Rp 2 juta
COVER SEPATBOR : Rp 2 juta
KNALPOT SLICE CUT : Rp 1,5 juta
OIL COOLER : Rp 300 ribu
SETANG CUSTOM : Rp 500 ribu
ONGKOS MODIF : Rp 3 juta
VARIO TRAIL
TRAIL DESERT
Buat yang demen adventure gaya trail penggaruk lumpur pasti pas. Vario CBS Techno klop pula dimodif model ini. Ubahannya lebih simpel, ganti karet ban model tahu dan tambahkan pipa roll bar sebagai asesorisnya.
BAN : Rp 700 ribu
CAKRAM TDR : Rp 600 ribu
KNALPOT : Rp 300 ribu
ROLL BAR : Rp 400 ribu
JOK : Rp 500 ribu
SETANG : Rp 500 ribu
SEPATBOR TRAIL : Rp 200 ribu
SOKBEKER WP : Rp 400 ribu
vario carrier
VARIO CARRIED
Demen matic Jap style and turing? Sosok modern Vario CBS Techno sudah mumpuni. Tinggal cat ulang dengan kelir putih dengan kombinasi merah, pasti fresh. idenya nyomot Honda Beat dari beat 2 go dari lomba honda otocontest 2009. Setangnya ganti trondol dengan pelek custom ngambil punya pelek kaleng mobil atau punya hade lawas. Jerujinya bikin rapat lurus agar terkesan bersih dan elegan. Selanjutnya tambahkan bagasi dibelakang. Mo angkut barang? Sok wae atuh!
PELEK CUSTOM : Rp 2 juta
BAN : Rp 1 juta
JOK CUSTOM : Rp 400 ribu
SETANG : Rp 200 ribu
EXTENDED : Rp 200 ribu
BAGASI : Rp 2 juta
variao ape hanger
APE HANGER
Yang demen bobber or gaya ape hanger bisa keren juga berbasis Vario CBS Techno. Setang dibikin meninggi dengan tambahan behel besi memanjang dibelakang, bikin boncenger nyaman diajak jalan jauh. Model bodi Vario CBS Techno yang modern jadi makin tampak garang dengan paduan kaki-kaki gambot customized ini. Mau..mau..mau…
BAN : Rp 1 juta
CAKRAM PSM 320 : Rp 500 ribu
PELEK CUSTOM : Rp 1,5-3 juta
KNALPOT : Rp 500 ribu
EXTENDED CVT : Rp 200 ribu
CAT : 1 juta

SUZUKI SATRIA ’99…anti punah!!!



nemu juga motor bebek sekuat batangan ini, Suzuki Satria tahun 99 yang kini harga bekasnya udah terjun nyemplung nyungsep sampai akhirnya dicari-cari pendoyan trail penggaruk lumpur…
kalo yang ini beda bergaya fighter duck alias bebek fighter. yang punya namanya Ferry Kurniawan asal tim FDM Klaten, gokil juga nih digayain macam ini…

Sosok depannya dipasang dada depan Mio Soul berlampu tunggal kepunyaan Nouvo-Z. Trend lampu tunggal from Thailand doi pake juga. Caranya dengan menutup lampu satu sisinya dengan kisi-kisi bodi fiberglass. Sedikit ke tengah, bodi cover penutup radiator punya Ninja diistalnya disini. Sedang sisi buritan ditekuknya bak buntut fighter eropa. Caranya dengan memenggal rangka belakang Satria dan menambahkan plat kotak buat menyanggah dudukan sepatbor belakang yang mencuatkan lampu CBRnya.

di sektor bawah diwakili pemasangan dua pelek gambot bekas pelek Jip/pickup lawas. Keduanya berdiameter lebar 300×16 inch. Dengan mencangkokkan ban berukuran standart saja; 70/90×16 dan 80/90×16 buat belakang.
SPEK MODIF:
CAKRAM: PSM, KALIPER: Brembo 2 piston, MASTER: Brembo, SWINGARM: Custom, PELEK: Custom 300×16, BAN: IRC 70/90×16 & 80/90×16, BODI: Custom, KNALPOT: 3V3, LAMPU DPN: Nouvo Z, LAMPU BLK: CBR, STANG: Ninja, STABILISER: Daytona, GAS: Ninja, CAT: Alfagloss, MODIFIKATOR: Free Design Modifikasi (FDM) Klaten Delanggu.

YAMAHA BYSON


YAMAHA BYSON

BIG BIKE
Kaki-kaki moge memang paling tepat buat menghias wajah Byson. Bentuk bodinya yang mendukung cukup mudah buat mengubahnya tampil makin agresife. Batok lampu ubah makin sipit dengan tambahan visor agar makin nampak sipit.

MOTHAI LOOK
Mau tampil gaul, mudah banget buat Byson. Pelek dengan ban ceking apik dipadukan tromol cakram Ninja yang besar atau punya Buel namun dipasang pada model jeruji. Dengan pelek jari-jari tampilan atas makin tampak kekar.

HYPERMOTO STYLE
Lekuk dinamis ekor dan tangki tepat dengan balutan kaki jangkung. Ubahannya lumayan banyak dengan mengusung kaki-kaki moge dengan karet ban aspal. Agar makin tepat diajak bermanuver rangka tubular mesti ditambah.

EXTREME STYLE
Sebanding dengan MegPro yang enteng banget diubah maksimal. Mau motor dengan tampilan bak motor konsep, Byson paling cakep diubah extreme. Dengan kaki-kaki single sisi belakang dan tambahan radiator besar didepan sosok mesin dan bodi Byson sudah nampak berotot.

HONDA NEW MEGA PRO



EXTREME STYLE
Kalo yang ini konesp terbaik buat yang demen tampil maksimal. Sosok MegPro mudah banget diutak-atik. Tinggal potong ekor belakangnya makin pendek dengan ekor yang makin mengerucut, lantas ubah konstruksi kaki-kaki menjadi single sided.

JDM STYLE
Demen bergaya elegan racing, contek gaya JDM style yang lagi in. tampilan elegan ogah warna ngejreng ini juga simpel diaplikasi. Cukup ganti piringan cakram lebih lebar, kaliper makin besar, dan permainan warna bodi kalem dan cutting stiker.

CEPER STYLE
Buat yang demen tampil gaul buat nampang bareng sohib di seputaran lintas kota, style ceper boleh dipakai. Ubahannya tinggal ganti pelek dengan ukuran ceking berikut karet ban berukuran 200×17. Pilih dengan krom or silver agar kesan bersih makin nampak. Ubah kerendahan batang sok depan dan belakang makin rendah.

BIG BIKE
Yup, gaya kaki-kaki moge paling mudah mendongkrak wajah MegPro yang asalnya di India dengan nama Honda Dazler ini. Cukup dengan menginstal limbah moge dari segal jenis wajah MegPro bisa nampak garang.

Modifikasi Motor Honda Beat Cat Putih Pink Krom Skok Tabung


icon z16 Modifikasi Motor Honda Beat Cat Putih Pink Krom Skok Tabung



 

Modifikasi motor Honda Beat cat putih pink krom skok tabung is the new release of modifikasi motor concept, this Honda Beat get new face with modif cat motor. Well, I haven’t see this motorcycle custom before, this Honda Beat in this style is absolutely new modifikasi idea. If you have this motorcycle in your garage you must apply this modifikasi motor to your Honda Beat.
Honda Beat modifikasi above is designed using the clear look style by using custom motorcycle modifikasi cat motor putih, then combined with modifikasi cat donat pink and then perefected with the modifikasi jok motor warna kayu. I like this white bold view motorcycle paint custom. You can see at the custom modifikasi skok depan upside-down that is combine with the velg motor krom.
Modifikasi motor Honda Beat get the real new look with custom modifikasi cat putih pink, then designed with the modifikasi velg motor krom and skok belakang tabung. This motorcycle can you find at the modifikasi motor kontes, then at the rear view of this Honda Beat custom, you will find the modifikasi mesin krom and also skok tabung krom taht make this custom Honda Beat look so unique.

Merawat Mio




Modifikasi Motor -  Sejak diluncurkan pada 2003, Yamaha Mio sukses memegang pasar matik nasional dengan peredaran melebihi 700ribu. Awalnya diprediksi jadi ikon motor perempuan, namun disuka pula tak kurang dari 50 persen kaum laki-laki. Kemudahan operasional, dimensi kecil serta bentuk yang up to date jadi kunci sukses matic 113,7 cc ini. Terlepas dari itu semua, beragam tips harian bisa dilakoni dewe loh. Simak yuk A-Z tips hariannya :
1. Perpanjangan Umur Pakai V-BELT :Sejatinya V-Belt kudu rutin diganti setiap pemakaian 15 ribu km, namun nggak jarang sebelum angka tersebut, V-Belt terpaksa diganti karena udah terkikis atau melar yang banyak disebabkan oleh kelalaian perawatan. Alangkah lebih bijak jika kamu rutin membersihkan filter penyaring debu di cover CVT. Hanya dengan pembersihan bensin, kotoran debu yang sering mengakibatkan V-Belt selip bisa dihilangkan dengan cepat.
2. Cek Kandungan Oil-Air Box Filter Karbu : Setiap box filter karbu Mio selalu dilengkapi detektor air dan oli. Lewat detektor berbahan karet transparan ini, kamu bisa melakukan pengecekan apakah box filter Karbu Mio kamu dipenuhi oli ataupun air. Jika jawabannya ya, segera bongkar dan bersihkan box filter karbu. Biaya & Lama Pengerjaan :Rp. 5 Ribu & 15 menit Perlengkapan :Bensin, Kunci Sok Ukuran 8
3. Rutin Ganti Oli Transmisi CVT : Di dalam CVT terdapat pula susunan gigi transmisi. Agar awet dan berfungsi dengan baik, kamu kudu rutin melakukan penggantian setiap jarak tempuh 10 ribu km. Ternyata olinya nggak harus oli khusus CVT kok, pake aja oli SAE 40 yang juga digunakan sebagai oli pelumas mesin. hanya sebanyak 100cc. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5-10 Ribu | 45 menit Perlengkapan : Bensin, Oli, Oben (+) dan Kunci Pas 10
4. Rutin Cek Aki Hindari Korosi : Aki punya peranan dominan buat mendukung kelistrikan, terutama penyalaan mesin dengan bantuan starter elektrik. Sering-seringlah memeriksa kondisi aki. mulai dari ketinggian air hingga kondisi baut +/- nya. Jika lengah, kutub2 dipenuhi kerak pengundang koros. Jika terlanjur bersihkan kerak dengan airpanas secara rutin. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Obeng (+) dan (-), air panas, dan kuas
5. Perluas Lubang Irigasi Bagasi : Bagasi Mio dilengkapi dua buah lubang kecil di pojok-pojoknya. Lubang ini adalah lubang irigasi yang fungsinya untuk saluran pembuangan air yang terjebak di bagasi. Agar lebih maksimal, perluas lubang ini dengan bor ukuran baut 12. Biaya | Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Bor Listrik
6. Gampang Setel Karbu : Posisi karburator Mio ngumpet dalam bodi, tepatnya dibawah bagasi yang dikelilingi side body dan under seat kover. Nah cara praktis untuk perbesar/perkecil putaran RPM lewat karbu, cukup buka jok lalu buka penutup karet panjang di dasar bagasinya. Setel karbu lewat lubang itu dengan modal obeng doang. Biaya | Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Obeng (+)
7. Jaga Kedap Air Cop Busi :Posisi Busi Mio termasuk sulit dijangkau, selain itu juga posisinya tepat dibelakang lubang anginunder seat kover. Otomatis rentan terkena air dari lubang tersebut. Itu sebabnya cop busi dibuat kedap air dengan dilengkapi bibir karet. Agar lebih oke, jangan ganti ini dengan sembarang cop, selain itu untuk menjaga kekedapannya, gunakan bantuan sealer yang dioles mengelilingi bibir cop busi. Biaya | Lama Pengerjaan : 10 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Lem Sealer, Obeng (+)
8. Selamatkan Nomer Mesin : Nomer Mesin Mio terdapat di dinding atas blok CVT, namun sayang posisinya tepat di tepi dinding ban. Otomatis area ini sering ditempa kotoran aik air maupun debu. Agar nggak gampang rusak terjangkit korosi, segera amankan dengan pelapisan pernis Biaya | Lama Pengerjaan : 15-25Ribu | 5 menit Perlengkapan : Cat semprot clear, pen brush atau spray gun, pernis
9. Rawat Kover Plastik Hitam :Orsi-nya, kover Mio nggak seluruhnya menggunakan plastik berlapis cat. Beberapa diantaranya menggunakan bahan plastik berwarna hitam seperti back deck kover, foot board hingga under seat kover. Yang jadi masalah bagian ini susah dibersihkan apalagi keseringan tergores. Tips ampuh murah meriah untuk membersihkan sekaligus menghitamkan permukaannya kembali adalah dengan bantuan semir sepatu. Biaya | Lama Pengerjaan : 5-10 Ribu | 30 menit Perlengkapan : Semir sepatu hitam, sikat semir sepatu,lap pembersih
10. Usir Berisik Cakram : Terkadang cakram Mio mengeluarkan bunyi srek-srek yang diikuti seretnya putaran roda. ini diakibatkan geseran piringan cakram dengan kampas rem. Orsinya separuh bagian kampas rem disisi piston kaliper diganjal plat. Ganjalan separuh ini menyebabkan miringnya keping kampas rem akibat luasan dorongan yang ngga merata dari piston kaliper, lama-lama ketebalan kampas akan berbeda dan seterusnya kemiringan keping kampas akan menggeser piringan hingga mengeluarkan bunyi srek-srek. TIPS : Menangkalnya cukup sederhana kok, yang paling gampang dengan melepas plat pengganjalnya agar permukaan keping plat-nya rata. Tapi kamu kudu nyetel ulang kalipernya agar tarikan tuas rem-nya nggak terlalu dalam. Jika ngga pengen repot, penuhi aja pengganjalnya dengan bantuan tambahan plat tipis yang direkatkan lem besi.
(sumber Tabloid OTOTREND)

Modifikasi Motor untuk Pemula


Banyak di antara kita yang suka modifikasi motor (modif), namun banyak pula yang tidak. Rata-rata yang mengaku suka malah menjadikan hobi. Bahkan banyak pula yang akhirnya jadi maniak modif. Sebaliknya, yang tidak senang modif menganggap modif berbahaya dan menimbulkan biaya lebih (boros).
Nyatanya, hampir-hampir semua motor sudah mengalami modifikasi sedikit atau banyak. Mungkin orang tidak menyadari telah melakukan modif karena tampilan motor masih standar. Padahal sejumlah item telah mengalami perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti stang yang lebih nyaman, ganti model lampu yang lebih cakep dan terang adalah modif sederhana.
Karena itu, yang penting dari modifikasi adalah tujuan dan fungsinya. Tujuan modifikasi yang baik adalah meningkatkan kinerja dan tampilan motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya.
Lebih aman karena modifikasi yang baik akan menggunakan alat yang biasanya after market atau limbah copotan motor import yang kualitasnya lebih baik. Lebih cepat karena dengan modifikasi, baik kapasitas mesin bisa dimaksimalkan, atau kemampuan pengendalian (handling) lebih dioptimalkan. Nah, terutama ini: lebih gaya. Dengan modif, tampilan standar ga lagi culun. Perpaduan berbagai asesori maupun piranti body, ajrutan, cat, dsb, bisa membuat motor benar-benar menarik: lebih macho atau manis, tergantung selera.
Tentu saja modif butuh biaya. Tapi seperti slogan lama “there is something money can’t buy”. Kepuasan adalah segalanya…. So, kata kuncinya adalah modif ringan, sedang, berat, dan ekstrem. Tinggal pilih sesuai selera dan kantong.
Siapa yang tidak kepincut dengan motor modif ala MV Agusta F4+Yamaha R1 di edisi ini? Jika Anda tertarik modif, mulailah sekarang. Tapi awas, sekali mencoba takkan berakhir sampai motor dijual.
Silahkan mencoba!
Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra

Tips modifikasi motor

Suka modifikasi motorMotor modifikasi yang baik ternyata bukan sekedar ekstrem di bagian konstruksinya, namun harus pula memiliki desain yang menarik, mudah dikendarai serta masih nyaman untuk digunakan sehari-hari. Tips tersebut diungkapkan oleh pakar design produk dari Institut Teknologi Bandung, Amirul Nevo, dalam press conference U mild U Bikers Festrack seri Jakarta di Blitz Megaplex, Hotel Indonesia-Kempinski, kamis (1/10).

Menurut pemegang ijazah master di bidang desain produk ini, motor modifikasi bisa dan pantas menang sebagai yang terbaik jika konsep dan rubahan ekstremnya tersebut mampu membuat motor tersebut nyaman dikendarai untuk aktivitas sehari-hari.

"Apalagi bila hasil modifiksi itu adalah karya original dan bukan hasil contekan, itulah yang pantas menang," pungkasnya.

Karena itulah, setiap kontes modifikasi yang diselenggarakan di indonesia haruslah memiliki regulasi yang mengacu pada hal itu.

"Maksud hal ini sangat positif agar semua hasil modifikasi kita nanti tidak sekedar mencontek saja, tapi juga harus original," timpal Brand Manager U mild Achmad Nasyiruddin yang menjadi penyelenggara U mild modification contest.

Karena itulah, untuk merangsang kreatifitas para modifikator Indonesia tersebut
achmad pun menyelenggarakan kontes modif dengan hadiah belasan juta di 7 kelas
seperti U Bikers Trend, U Bikers Blink, U Bikers Realis, U Bikers Grafis, U Bikers Stickers, U bikers X-treme dan U Style.

Para pengunjung juga dapat memilih satu modifikator terbaik dari setiap kota untuk kemudian diadu hingga terpilih satu modifikator untuk kemudian juga akan dibawa ke Bangkok. (sumber: oto.detik.com)

Bajaj Pulsar 220 DTS-i Full Fairing


MotoBike - Tak ingin tampilan fairing tunggangannya terkesan tanggung, Faiz Daniswara, pembesut Bajaj Pulsar 220 DTS-i (P 220) lansiran 2011, gelandang kuda besinya ke rumah modif Berkat Motor (BM) untuk order full fairing.

“Secara global, tampang P 220 sudah keren dan gagah. Namun yang bikin saya kurang sreg, fairing-nya hanya setengah. Maka dari itu, meski umurnya belum genap sebulan, saya order full fairing biar enggak setengah lagi dan lebih sporti. Ini full fairing pertama di Indonesia,” tutur Faiz.

Langsung saja Bro! Untuk mengetahui ubahannya pada bagian mana saja dan modelnya meniru dari motor apa, yuk kita tanya langsung Rudi Gunawan, bos BM yang bermarkas di Jl. Ciledug Raya No. 1 A, Kreo, Tangerang.

“Awal datang ke sini, Faiz minta dibikinkan full fairing model apa saja, yang penting cocok dan matching. Setelah saya tawarin berbagai model, dia tertarik fairing model Suzuki GSX 600 dengan dimensi diperkecil,” ujar modifikator yang biasa racik bodi custom berbahan fiber ini.

Berhubung batok lampu bawaan motor kurang sesuai bila bersanding dengan fairing GSX 600, Rudi melengserkannya. Penggantinya batok baru yang juga bergaya GSX 600. “Headlamp masih andalkan orisinalnya, karena modelnya keren dan tergolong baru. Tak cuma itu, dipasang pada batok model moge Suzuki GSX 600 sangat pas baget,” yakin Rudi.

Selanjutnya, untuk mempercantik bagian belakang, jok tunggangan berdapur pacu 220 cc ini didesain jadi single seater. “Dengan begini, tampilan makin sporti. Kalau mau berboncengan, single seater-nya tinggal dilepas, lalu pasang jok belakangnya,” imbuh pria pengalaman lebih dari 10 tahun ini.

Tak ketinggalan, agar ruang di sekitar spidometer enggak terlihat kosong, dibikinkan cover spidometer. “Oh ya, agar batok lampu, cover spido serta fairing baru ini bisa terpasang, sebelumnya dibikinkan braket/dudukan berbahan pelat besi. Dibentuk model V yang kemudian diikat dengan 2 baut pada dudukan fairing orisinalnya,” tutup Rudi.

Monggo, yang lain boleh meniru kok!
Data Modifikasi :

Batok lampu : Suzuki GSX 600

Fairing : Suzuki GSX 600

Single seater : custom

Spatbor depan : Model Cagiva Raptor

Cover spido : custom

Suzuki Satria FU150 No Need Bore Up



MotoBike - Untuk ngencengin lari Suzuki Satria FU, tak harus pakai trik bore up. Dengan piston standar, bisa kok dibuat ngacir. Gak percaya? Nih buktinya, ayam jago DOHC milik Hadi Susanto ini beberapa kali bisa mengalahkan lawan-lawannya yang berpiston besar lo.

Apa kuncinya? “Naikin kompresi serta mainin timing pengapian,” terang Igbal Legawa, mekanik Yovan Speed and Custom (YSC). Rasio kompresi dibikin jadi 11,5:1 (standar 10,2:1). Caranya? “Papas bibir piston 1,5 mm,” lanjut Iwa, sapaan akrabnya. Lo bukannya malah jadi low compression tuh?

“Sebelumnya, stroke dinaikkan dulu pakai pen stroke 3 mm. Piston dipapas biar rata dan enggak nabrak head,” terangnya. Itu pun masih butuh tambahan paking aluminium setebal 1 mm serta paking kertas 2 buah. Kalau dihitung dengan kenaikan stroke total 6 mm (jadi 54,8 mm), isi silinder bengkak 165,36 cc.

Menurut Iwa stroke-up ditempuh biar torsi mesin naik, efeknya akselerasi makin cepat dan gigi 6 yang berkarakter overdrive bisa tetap terpakai. “Kalau masih standar ya gak jalan, cuma nurunin rpm,” ujarnya. Pantas nafas motor enggak ada habisnya!

Namun tak hanya itu, biar momen puntir makin kuat, as balancer kruk as sedikit kena papas pisau bubut, kanan-kiri sebanyak 2,5 mm. Kitiran mesin makin enteng setelah bandul di magnet yang juga sebagai dudukan gigi starter dilepas.

Memaksimalkan kinerja mesin, inlet dan exhaust kena bor tuner mekanik yang ngepos di Jl. Ciledug Raya No.7, Tangerang ini. Masing-masing dikikis 0,5 mm, sekaligus membuang bagian-bagian yang menghalangi laju bahan bakar. Termasuk yang ada di ruang bakar dekat klep.

Lalu guna mengejar akselerasi cepat sejak putaran bawah, celah klep in dibikin rapat. “In 0,10 dan ex 0,15 mm,” beber Iwa. Caranya pakai shim in berkode 176 dan ex 198.

Suzuki Thunder 250 Modern Cafe Racer



MotoBike - Gaya modifikasi café racer saat ini sudah jarang sekali terlihat, sepertinya sudah tenggelam dianatar gaya modifikasi yang sedang in saat ini. Eits, tapi sebuah rumah modifikasi di selatan Jakarta telah selesai merakit motor bergaya café racer. Studio Motor (SM), nama rumah modifikasi yang mengerjakan Suzuki Thunder 250 menjadi bergaya café racer.
“Konsep café racer sebenarnya keinginan dari yang punya motor, tapi kita kembangkan lagi,”kata Donny Ariyanto, punggawa SM.  “Tapi beberapa maunya yang punya motor kita ikutin kaya cat warna hijau, ada gambar jokernya dan knalpot undertail,”tambahnya.
Biar masuk dengan konsep café racer, rangka belakang dipotong dan dibuat ulang. Jika ditotal-total, rangka jadi lebih pendek sekitar 20 cm. “Tapi basis rangka keseluruhan enggak kita ubah, karena bagaimana pun juga rangka orisinil lebih kuat dari rangka buatan sendiri,”ujar pria kalem ini lagi. Setuju.
Jika gaya café racer aslinya pakai sok belakang dobel, pelek jari-jari dan warna simpel, maka pada motor lansiran tahun 2000 ini dipasangkan monosok, pelek palang limbah, dan rem cakram dikedua rodanya. Swingarm pun dibuat sendiri agar menunjukkan kesan sangarnya. “Gue sih nyebut gaya ini modern café racer,”kata Donny lagi.
Yup, motor perpaduan café racer yang aslinya bergaya klasik dengan gaya modern yang memakan waktu tiga bulan ini memang sangat menarik mata untuk melihatnya. Apalagi ditambah warna hijau yang sangat mencolok. Mantap!
Tips And Trick
Lampu Sein Truk
Mencari pernak-pernik modifikasi enggak perlu yang mahal-mahal. Seperti pada lampu rem motor ini, “comot lampu sein punya truk,”kata Donny.

Data Spesifikasi :
Bodi    : Custom
Tachometer : Auto Gauge
CDI : BRT
Pelek depan-belakang : Aprilia RS125 Diablo 3 inci dan 4 inci
Ban depan-belakang    : Michelin 120/60-17 dan 160/60-17
Knalpot : Custom
Footstep : Yoshimura

Suzuki Crystal Ambulance Merapi


MotoBike - Semenjak bergabung ke dalam Komunitas Lereng Merapi (KLM), sebuah organisasi relawan bagi gunung Merapi pada awal 2003 lalu, Hary Syahroji benar-benar menepati janjinya untuk mengabdikan hidupnya bagi masyarakat di sana.
Saat menjadi relawan itulah beberapa kali Hary mengalami kendala ketika harus menolong korban. Lantaran lokasinya tidak terjangkau oleh mobil medis. Padahal harus diambil tindakan yang cepat. “Terpikir untuk membuat sebuah motor trail yang bisa bergerak dengan cepat dan lincah untuk menembus segala medan,” tutur Hary.
Inilah yang memotivasi manajer hotel berbintang satu di Yogyakarta ini untuk merombak Suzuki RC Crystal miliknya. Menjadi sebuah kendaraan trail yang difungsikan untuk membawa obat-obatan. Pakai Crystal karena pertimbangan bobot mesinnya yang ringan sehingga dapat bermanuver dengan lincah.
Proses dimulai pada awal bulan lalu ketika Merapi sudah menunjukkan tanda-tanda keaktifannya. Mulai dari konsep dan pembuatan ditangani Hary beserta rekan-rekannya di Seturan Adventuretrans Modification. Semua dilakukan dengan teliti untuk hasil maksimal. “Bukan untuk gaya-gayaan. Jangan sampai mau evakuasi malah terbalik kita yang di evakuasi,” papar pria pengggemar olah raga paralayang ini.
Niat awalnya, setelah jadi motor ini akan ditempatkan di posko relawan di lereng gunung Merapi untuk disiagakan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana. Tetapi tanpa diduga Merapi sudah keburu meluapkan kemarahannya. Sehingga sebelum semua proses modifikasi selesai, motor yang oleh warga sekitar disebut trail ambulance ini langsung dibawa naik gunung untuk proses evakuasi.

Peranti Pendukung
Dalam setiap aksinya, ada paramedic bag yang berisikan obat-obatan lengkap berikut dengan tabung oksigen kecil. Hary juga melengkapi diri dengan standart safety riding. Seperti jaket, sarung tangan, sepatu motocross dan sebuah helm berikut goggle pelindung mata.
Masih ditambah lagi dengan peralatan komunikasi seperti Handy Talki (HT) dan sebuah megaphone untuk memberikan woro-woro bagi warga. Selain itu di motor terdapat sebuah sirine kecil dan tentu saja seperti layaknya sebuah ambulance, lambang palang merah tidak lupa dipasang oleh Hary.
“Masih banyak peralatan lain yang sebenarnya belum terpasang seperti GPS dan lampu hazard. Berhubung bencana terjadi ya lebih baik saya mendahulukan misi kemanusiaan dulu, finishing lainnya belakangan saja,” papar Hary.
Ada yang mau menyusul?


Data Modifikasi :
Ban dpn : Kenda ‘19
Ban blk : Kenda ‘16
Sok dpn : GL Pro
Sok blk : Satria
Swing arm : Satria
Footstep : SND
Headlamp : Accerbis
Handguard : Accerbis
Stop lamp : Honda Grand
Cover body : Hand made
Knalpot  : Abenk
Stang  : Renthal
Sirine : Type R

Suzuki Thunder Cafe Racer


Sebuah situs blog di dunia maya membuat banyak orang penasaran akan hasil karyanya. Ragam foto pada bagian galery makin membuat penasaran. Pada halaman thekatros.blogspot.com tertera nomor yang dapat dihubungi maupun alamat email. Pembicaraan pun mulai intens hingga tukar pendapat pun terjadi.
Kurang lebih seperti itu, awal mulanya Suzuki Thunder 125 milik Erlangga yang warga Bintaro ini jadi merujuk pada aliran café racer.
Thekatros Garage yang punya garapan, dari segi struktur motor kondisi standar terlihat tidak banyak yang diubah. “Tangki tetap standar, gue cuma merombak buntut dan penyesuaian pada bagian rangka belakang saja,” terang Andi Akbar sang punggawa.
Meski terkesan simpel, bukan berarti Akbar tidak menggarapnya secara serius. Terutama untuk urusan rangka, aslinya sasis bagian belakang naik. Agar buntut tawon dapat sempurna di posisinya, rangka harus diubah menjadi lurus ke belakang. ”Dari dudukan sok ke belakang dipotong, diganti pipa besi sepanjang 30 cm,” kata pemilik workshop dibilangan Jl. Tanah Kusir II, Jak-Sel.
Kelar urusan sasis, desain body pada buritan yang mengacu asal motor Eropa ini dibuat dengan bahan pelat galvanis 0,8mm. Umumnya buntut model begitu, jok hanya menyisakan untuk satu pantat. Tapi tidak pada motor ini, sang pemilik mau agar motornya dapat dipakai berboncengan. Sedikit putar otak, Akbar membuat tambahan jok belakang yang dikamuflase dengan sistem knock down. “Buntut yang sudah jadi dirombak ulang dengan cara dibelah dan dibuatkan jok tambahan,” tutup Akbar. 
Sekarang tampilan motor sudah mirip dengan yang di blog.
Tips & Trick
STOP LAMP
Aliran café racer paling menonjol adalah bagian buntutnya, bentuk yang sudah ciamik tidak perlu dijejali dengan peranti lain, namun bagaimana soal stop lamp. Tanpa mengurangi sisi keselamatan sebagai penanda, Akbar tetap melengkapi lampu rem yang memiliki dimensi kecil dengan mengandalkan lampu LED (Light Emitting Diode). “Biayanya murah, tidak makan tempat dan daya tahannya lama.”
Data Spesifikasi :
Ban Depan : Bridgestone Battlax BT 45 100/80
Ban Belakang : Bridgestone Battlax BT 45 130/70
Pelek Depan : Champ 2.50 x 17
Pelek Belakang : Champ 3.50 x 17
Teromol Depan : Suzuki Smash
Teromol Belakang  : Yamaha RX-King
Cakram Depan : Amazone
Cakram Belakang : Suzuki Satria 120 R
Setang : Kawasaki Ninja 150
Footstep Depan : RDR Thailand
Footstep Belakang : Suzuki Satria FU
Sok Belakang  : YSS Hammer Series
Painting : FIM 1
Spakbor Depan : Handmade Thekatros
Knalpot : Handmade Thekatros