Selasa, 25 Oktober 2011

Yamaha Jupiter MX Ala Motor


MotoBike - Lantaran ingin Yamaha Jupiter MX kesayangannya tampil sporti kayak di majalah yang dibacanya, Hadi Suwarno, langsung menggiring MX yang berlum lama dibelinya ke rumah modifikasi Aden Modified (AM) untuk order ubahan yang sama.

“Intinya dibikin seperti gambar di majalah ini. Enggak sama persis tidak apa-apa, yang penting mirip. Modelnya juga harus serupa, seperti; buntut model single seater, fairing hingga ke belakang dan kaki-kaki tambah kekar,” pesan Hadi pada bos AM sambil bawa-bawa sebuah majalah.

Ditodong begitu, Paryono, bos AM menyanggupi. Begitu MX milik Hadi masuk, langsung dilucuti semua bodinya. Lalu dibikinkan baju baru fiberglass yang didesain bergaya ala motor batangan (sport, red).

“Baik buritan, batok lampu maupun fairing, saya bentuk kayak pacuan MotoGP. Modelnya agak lancip-lancip, yang mengesankan motor kenceng yang aerodinamis,” kekeh modifikator akrab disapa Yono.

Biar buntut ikutan streamline dan nungging, dilakukan penyesuaian. “Beberapa dudukan baut pada rangka belakang saya ratakan lewat cara digerinda, agar tak ada bagian yang nonjol. Lalu untuk membuat efek nungging, saya aplikai peninggi sok dengan ketinggian 5 cm,” yakin pria ngepos di Jl. Buncit Raya No. 57A, Jaksel.

Kelar oprek bagian bodi, pria yang baru buka rumah modif setahun lalu ini melanjutkan garap sektor kaki-kaki. “Agar terkesan makin gambot serta matching dengan bentuk bodi, saya aplikasi pelek aftermarket dengan profil lebih lebar. 2,5 inci pada bagaian belakang dan 1,85 di sektor depan,” imbuh pria usia 31 tahun ini.

Kedua pelek lalu dibalut ban Corsa 120/70-17 (belakang) dan ban IRC 80/90-17 (depan). “Oh ya supaya swing arm tampak kekar, saya bungkus kondom arm custom,” tukas  bapak 1 anak ini.

Mantap Bro! Tapi ada yang sedikit kurang nih, fairing bawah mesin terlalu besar, sehingga terkesan kedodoran. But it’s Oke!
Data Spesifikasi

Bodi : Custom (fiber)

Cakram depan : aftermarket

Cakram belakang : aftermarket (Ride It)
Knalpot : Yoshimura

Footstep : NUI

Stoplamp : LED
Sein : aftermarket LED

1 komentar: