Selasa, 25 Oktober 2011

Yamaha V-ixion 2007 Spesial Karya Berkat Motor, ciledug


MotoBike - Merombak tunggangan untuk bisa tampil menarik, enggak harus ekstrem. Bagi rider, yang mengutamakan kenyamanan dan keorisinalan besutan, hal ini jadi pertimbangan utama. Baguslah kalau begitu!

Sebagai bukti, tengok Yamaha V-Ixion lansiran 2007 milik Harwin, warga Legok, Tangerang yang hadir di edisi khusus ultah OTOMOTIF ke-20 ini. Meski ubahannya enggak banyak serta part yang diaplikasi bukan barang branded, namun bisa menyiratkan aura sporti yang berbeda.

“Banyak sih, yang rombak tunggangannya dengan ganti beragam part. Namun urusan kenyamanan dan safety, sering tidak diperhatikan. Misal sudut belok setang terlalu pendek, sehingga saat mau putar balik cukup merepotkan. Tak jarang bobot tunggangan makin berat. Efeknya saat didorong mau parkir di rumah maupun suatu tempat, butuh tenaga ekstra,” beber pria 30 tahun ini.

Masih ujarnya. “Kalau saya sih, intinya tampilan makin gagah dan menarik, namun bawaan pabrik masih dipertahankan. Selain kenyamanannya masih terjaga, saat ditunggangi sehari-hari tetap enak. Sehingga tetap aman.” Mantaf Bro!

Mau tahu detail ubahannya apa saja? Yuk, sambangi lansung ke gerai Berkat Motor (BM) di Jl. Ciledug Raya No. 1 A, Kreo, Tangerang yang menangani tunggangan berkapasitas ruang bakar 150 cc selama 2 minggu ini.

Ubahan utama agar besutan makin gagah, yakni pada sektor kaki-kaki. Lantaran empunya besutan tak mau sektor kaki-kakinya dirombak total, Rudi Gunawan, penggawang BM, aplikasi pelek lebar Enkei 2,15 X 17 (depan) dan 2,75 X 17 (belakang). Kemudian keduanya dibalut ban Battlax BT 45 100/80-17 di sektor depan dan BT 45 120/80-17 pada bagian belakangnya.

“Lalu untuk memperkuat kesan kekar, swing arm orisinal saya pasangin kondom arm karbon. Trus pengereman belakang dibikin tambah pakem dengan mengaplikasi cakram belakang aftermarket. Selain dongkrak kinerja rem, tujuannya juga sekaligus untuk dongkrak tampilan,” bebernya.

Selanjutnya beralih ke bagian bodi. Sesuai order Harwin, sektor depan di pasang fairing berbahan fiber ala Yamaha FZ-1. “Biar kesannya sportinya makin kental, saya mengadopsi lampu Honda Vario yang diracik ulang. Kebetulan fairing ini sudah ada dan tinggal pasang, jadi pengerjaannya lebih cepat,” imbuh Rudy.

Kemudian untuk menyelaraskan tampilan belakang dengan depan, modifikator yang doyan humor ini pasang buntut custom model double seater bergaya Yamaha R-6. Sedangkan stoplamp hasil comotan Kawasaki Blitz.

“Sengaja dibikin ramping dan tidak terlalu melar, karena menyesuaikan tangki orsisinalnya yang sudah mengusung model sporti serta menyesuaikan rangka,” tambah bapak 2 anak ini.

Terakhir, Rudy memberi sentuhan cat kuning dengan beberapa goresan hitam, berbahan cat Spies Hecker. “Jadi deh, besutan makin macho namun tetap nyaman dikendarai. Enggak ekstrem? Karena saya cuma berjaga-jaga dan antisipasi saja dari hal-hal yang tak terduga,” tutup Harwin..
Data Spesifikasi

Pelek dpn/blkg : Enkei 2,15 X 17 / 2,75 X 17

Ban dpn/blkg : Battlax 45 100/80-17 / 120/80-17

Kondom swing arm : Custom (BM)

Sepatbor belakang : Dainese

Sepatbor depan : Custom

Engine guard : custom

Fairing : Yamaha FZ-1 Custom (BM)

Buritan : Yamaha R-6 Custom (BM)

Headlamp : Honda Vario

Stoplamp : Kawasaki Blitz

Cakram dpn/blg : Sun Star

Tidak ada komentar:

Posting Komentar