Selasa, 25 Oktober 2011

Yamaha V-ixion Tiga Negara




MotoBike - Sejatinya YZF R125 merupakan produk motor sport fairing dari Yamaha yang beredar di Inggris sana. Bentuk serba runcing dan banyak memiliki sudut pada bodinya membuat motor ini memiliki aura balap yang sangat kental. Enggak heran banyak motobikers tanah air yang kepincut dengan motor sport satu ini.
Tapi karena harus didatangkan dari Inggris, harganya pun tergolong mahal. Bagi yang punya dana berlimpah sih bisa saja beli unitnya, tapi kalau dana terbatas? Bisa ikuti cara yang dilakukan oleh Adrianto Puji Irawan, pemilik Yamaha V-Ixion merah ini.
Motor lansiran 2010 tersebut aplikasi bodi YZF R125 yang terbuat dari fiber, “tapi bentuknya sama seperti aslinya karena kita ngopi dari aslinya R125,”buka Abdul Rahim yang menggarap motor ini. Kalau mau aplikasi full set bodi R125 gimana? “Bisa aja tapi biayanya lebih mahal karena harus impor dari Eropa hehehe...,” tambahnya.
Mengingat aslinya YZF R125 buntut belakangnya naik, maka rangka asli V-Ixion harus dinaikkan. “Sebenarnya tergantung pemiliknya mau naikin rangka belakang atau enggak,” kata pemilik bengkel Aim Motor Sport ini. Selebihnya rangka bagian tengah dan depan sudah mirip karena sama-sama deltabox.
Demi menjaga kualitas, pria yang akrab disapa Aim tersebut juga menyematkan beberapa part asli YZF R125 pada motor Adrianto, seperti headlamp, taillamp dan swingarm. Untuk tangki bahan bakar, ayah satu anak ini membuatnya dari fiber dengan bentuk tangki R125.
Enggak cuma parts orisinil R125, Aim juga memasang beberapa part dari Yamaha R15 yang berasal dari India, diantaranya spidometer dan footstep. Wah, perpaduan Indonesia, Inggris dan India nih hehehe...
Sebagai finishing akhir, cutting sticker livery Sterilgarda ala Ben Spies pun dipasangkan. “Biar motor enggak polos doang,”ujar Adrianto seraya tersenyum puas.
Tips And Trick
Lampu YZF R125
Sistem penerangan tergolong piranti penting, jika pakai variasi terkadang pancaran cahayanya enggak fokus dan kurang terang. Maka aplikasi headlamp YZF R125 bisa jadi solusi, selain bentuknya yang keren, sorotan lampu dijamin fokus karena dibuat oleh pabrikan.
Data Spesifikasi : 
Bodi    : Fiber Yamaha YZF R125
Tangki : Fiber Yamaha YZF R125
Spidometer : Yamaha R15
Lampu depan-belakang : Yamaha YZF R125
Setang : Kawasaki Ninja RR
Ban depan : FDR 110/70-17
Ban belakang    : FDR 130/70-17
Pelek depan-belakang : MGV 2,5 inci dan 3,5 inci
Swingarm    : Yamaha YZF R125

1 komentar: